Get me outta here!

Friday, August 6, 2021

Kelebihan Daihatsu Sigra dari Mobil Sekelasnya

Apa kabar kalian semua hari ini? Semoga semua baik-baik saja dan tetap semangat menjalani aktivitas sepanjang hari ini pada bengkelnya masing-masing. Bahasan singkat kita kali ini adalah tentang Kelebihan Daihatsu Sigra dari Mobil Sekelasnya. Berikut bahasan selengkapnya.

Kelebihan Daihatsu Sigra dari Mobil Sekelasnya

Kelebihan Daihatsu Sigra dari Mobil Sekelasnya

Daihatsu Sigra adalah salah satu pilihan alternatif kendaraan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki mobil keluarga. Mobil ini berkapasitas tujuh orang penumpang dengan harga relatif terjangkau.

Tidak tanggung-tanggung Daihatsu Sigra hadir dengan 10 varian. Dari sepuluh varian tersebut, Sigra tetap memiliki harga yang tidak beda jauh selisihnya yakni kisaran harga mulai Rp 114 jutaan hingga Rp 155 jutaan.

Mobil ini masuk dalam kategori low cost green car (LCGC) dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang mencoba merangkul masyarakat dari berbagai lapisan. Selain itu, beragam hal yang Sigra miliki juga tidak kalah menarik dari kendaraan lain sekelasnya. Misalnya, tampilan wajah yang lebih tajam, punya center arm rest, dan masih banyak hal menarik lainnya.

Untuk kita ketahui, kelebihan Sigra juga membuat Sigra cocok untuk taksi online.

Banyak yang berkata miring akan mobil ini, tetapi mungkin saja ada nilai lebih. Nah, kali ini saya akan mencoba membawa Anda untuk melihat nilai lebih yang akan Anda dapat dengan harga yang relatif terjangkau tetapi dapat menjadi andalan keluarga Anda.


Wiper dapat Menyala Otomatis

Seperti halnya Toyota Calya sebagai kembarannya, Sigra juga telah Toyota lengkapi dengan berbagai fitur tersembunyi. Salah satunya adalah wiper bagian belakang dapat bekerja secara otomatis saat turun hujan. Eit tetapi tunggu dulu tentu ada syaratnya. Syaratnya adalah pengemudi harus mengaktifkan wiper bagian depan terlebih dahulu dan posisi transmisi berada di R atau mundur.

Hidden fitur lainnya adalah lampu sein dapat berkedip tiga kali ketika tuas lampu sein driver tekan setengah. Fungsi fitur ini adalah memberi peringatan bahwa mobil hendak berpindah jalur. Fitur ini juga ada pada Toyota Sigra.


Sistem One Touch Tumble

Untuk kelebihan berikutnya ada pada fitur sistem one touch tumble. Fitur ini berfungsi untuk mempermudah penumpang saat melipat kursi pada baris kedua dengan sempurna dan mudah. Tetapi sebenarnya fitur ini telah hadir lebih dahulu untuk Sigra sebelum Toyota sematkan pada Terios terbaru.

Kerja fitur ini sangat sederhana. Cukup dengan menekan tombol yang ada pada kursi baris kedua maka secara otomatis kursinya akan rebah secara otomatis. Jadi, fitur ini sangat memudahkan penumpang paling belakang untuk keluar dari mobil.


Bluetooth Audio

Kelebihan yang tidak boleh kita lupakan dari Daihatsu Sigra adalah keberadaan bluetooth audio. Meski menjadi mobil yang sangat ‘murah’, Daihatsu nampak ingin membuat perjalanan bersama Sigra tetap menyenangkan.

Hal ini terbukti dengan fitur hiburan yang mereka sematkan pada Sigra. Fitur hiburan pada mobil Sigra sudah dapat terkoneksi dengan ponsel lewat bluetooth. Perlu kita tahu bahwa pada saat itu belum ada LCGC yang memberi konektivitas tersebut. Meski demikian, ada hal yang agaknya terlewatkan yakni tampilan layar hiburan Sigra nampak kurang ‘cantik’.


No AC Double Blower

A/C double blower memang menyenangkan bagi penumpang belakang. Tetapi tidak bagi mesin. Mungkin itulah yang menjadi pertimbangan Daihatsu untuk tidak memasang A/C double blower.

Demi mengurangi kinerja mesin terlebih untuk efisiensi bahan bakar, Sigra tidak menggunakan A/C Double Blower. Tetapi Daihatsu melengkapi Sigra dengan Air Circulator. ‘Kipas Angin’ ini bekerja tanpa membutuhkan kompresor. Tapi, sudah sangat cukup untuk mendinginkan ruang kabin mobil yang memuat 7-penumpang. Seperti Toyota Calya, fungsi Air Circulator adalah mengisap dan menghembuskan udara dari depan ke belakang.


Mesin Dual VVT-i

Ini adalah yang paling menurut saya WOW dalam hal kelebihan Sigra. Apalagi kalau bukan mesin yang menyertai mobil ‘murah meriah’ ini.

Pada kemunculan perdananya Agustus 2016, Sigra memiliki mesin yang lebih baik daripada Xenia. Apa itu? Ya ada tambahan teknologi Dual VVT-i dengan rasio kompresi besar. Sehingga, penggunaan bahan bakar mobil lebih efisien dengan performa yang tetap yahud. Rata-rata konsumsi bahan bakar Sigra di jalan perkotaan ialah 13 kilometer per liter. Pada varian otomatis, Sigra juga telah dilengkapi fitur Anti-lock Braking System (ABS).

Masih banyak fitur canggih lain pada Sigra sebenarnya. Kita akan menemui immobilizer, alarm depan dan belakang, sabuk pengaman untuk seluruh penumpang, sampai power window auto down untuk pengemudi pada Sigra.