Get me outta here!

Friday, May 28, 2021

Beberapa Tipe Absorption Chiller, Kira-Kira Mana Kebutuhan Anda?

                     Chiller merupakan alat perpindahan panas dengan  sistem pendingin untuk menghilangkan panas dari beban proses dan mengalihkan atau melepaskan panas ke lingkungan. Chiller juga dapat dikategorikan sebagai mesin pendingin pilihan untuk mengkondisikan fasilitas industri dan fasilitas umum. Artikel ini akan berfokus pada jenis-jenis absorption chiller. Absorption chiller adalah mesin yang beroperasi berdasarkan siklus pendinginan absorpsi uap. Ada empat penukar panas utama yakni generator, kondensor, evaporator dan penyerap. Penukar panas utama ini memiliki dua jenis larutan yaitu refrigeran dan absorben. Simak penjelasan lebih dalam berikut mengenai beberapa produk absorption chiller dari produk LG. Siapa tahu, informasi berikut bermanfaat bagi Anda yang sedang bingung memilih chiller buat gedung untuk keperluan bisnis Anda.

 

Beberapa Tipe Absorption Chiller, Kira-Kira Mana Kebutuhan Anda

  1. Direct fired type. Tipe dari absorption chiller ini memakai siklus pendinginan kimia dengan penyerap Li-Br. Chiller ini sangat ramah lingkungan karena memanfaatkan air sebagai pendingin dan menggunakan energi dengan praktis melalui pemanfaatan sumber panas seperti gas, air dan uap. Mengenai kontrol dan pencegahan konsentrasi penyerap yakni dihitung dengan logika perlindungan kontrol kristal pada pengontrol. Ketika konsentrasi meningkat di atas nilai tetapan, pengendalian pencegahan akan dilakukan. Kontrol otomatis ini dapat mencegah pra-absorpsi kristal dan menghitung waktu dari kegagalan daya untuk menyelesaikan pemulihan melalui pengatur waktu independen.

 

  1. Steam type. Absorption chiller yang satu ini menggunakan panas sebagai salah satu penghasil listrik. Untuk ruangan yang memiliki daya listrik minim, steam type akan menjadi pilihan tepat.


  1. Hot water. Produk yang satu menyediakan pemanas air terbaik untuk jenis dari absorption chiller. Tipe yang satu ini cocok bagi Anda yang sering bekerja lembur. Cara kerjanya menggunakan air panas untuk penyerapan sumber listrik. Chiller serap tipe air panas ini tidak menggunakan listrik, tetapi panas yang membuatnya sangat direkomendasikan untuk daerah dengan kapasitas listrik minim. Model ini menggunakan air limbah dari pabrik dan pembangkit listrik di sekitarnya untuk pemanasan / pendinginan.

 

  1. Complex type. Nah, jika Anda membutuhkan pendingin yang ekonomis dan praktis, Anda bisa menggunakan produk yang satu ini. Complex type merupakan pendingin yang memanfaatkan sumber panas di sekitar sebagai energi untuk membentuk sistem yang efisien dan ekonomis. Hampir sama seperti hot water type, chiller yang satu tidak menggunakan listrik tetapi panas sehingga sangat disarankan untuk area dengan kapasitas listrik yang terbatas. Produk ini ekonomis dan efisien karena dapat menggunakan berbagai sumber pemanas untuk memenuhi area dan kebutuhan pemasangan.

 

            Itu dia beberapa rekomendasi produk dari absorption chiller untuk keperluan bisnis Anda. Pastikan memahami keunggulan jenisnya agar bisa menentukan pilihan. Semoga bermanfaat!

Sumber:

https://www.prosesindustri.com/2017/04/fungsi-dan-jenis-jenis-chiller.html

https://www.lg.com/id/business/direct-fired-absorption-chiller

https://www.lg.com/id/business/absorption-chiller-steam-type

https://www.lg.com/id/business/absorption-chiller-hot-water-type

https://www.lg.com/id/business/absorption-chiller-complex-type